SLIMS Chapter 1 - Intoduction and Instalation of SLIMS 8 AKASIA - Blogger Baper

Tutorial Seo, Info, Tips Trik

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, May 5, 2017

SLIMS Chapter 1 - Intoduction and Instalation of SLIMS 8 AKASIA

 
 
A.PengertianSenayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

B.Latar belakang
Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju kita dapat membuat perpustakaan online yang dimana dapat mempermudah dalam administrasi perpustakaan seperti penginputan Buku,pendataan anggota dan masih banyak yang lain.


C.Maksud dan tujuan
Agar mempermudah dalam pengembangan perpustakaan di daerah maupun di indonesia


D.Alat dan bahan
  1. Laptop/server
  2. Software slims 8 akasia download disini
  3. Koneksi internet

E.Waktu pelaksanaanSaya membutuhkan waktu kisaran 10 menit - 15 menit

F.Tahap pelaksanaan

Hal yang sangat penting adalah pertama kita harus memiliki File dari SLIMS 8 AKASIA, teman-teman bisa mendownloadnya disini

Setelah teman-teman memiliki filenya. hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mengextrak file dari SLIMS. teman-teman bisa melakukannya lewat terminal seperti gambar di bawah ini.


Setelah itu pindah file ke dorectory /var/www/html/ untuk yang menggunakan OS Linux, Untuk teman-teman yang menggunakan Windows, silahkan Pindah Filenya di htdoc Localhost.


Setelah dipindakan, kita harus mengasih hak akses pada file SLIMS 8, tujuannya agar bisa di eksekusi di web browser. dengan cara 
#chown -R www-data:ww-data (nama file SLIMS anda)

Perlu teman-teman ketahui, dalam penginstalan SLIMS 8 ini teman harus memakai versi PHP5, jika teman-teman memakai PHP veris 7, nantinya Syntak/coding yang ada pada dalam slims tidak bisa dieksekusi/tidak bisa berjalan.

Setelah itu teman-teman bisa menjalankan instalasinya di web browse dengan cara mengetikan "localhost/slims8_akasia-master/", seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah itu teman-teman langsung diarahkan ke halaman penginstalasinya. Tinggal klik button "LET'S START THE INSTALATION".


Setelah itu ada dua opsi yaitu "Upgrade" dan "New Instal" dan disini saya memilih New Install.


Dan di step 2 ini teman-teman disuruh membuat Database, yang mana nantinya database itu menampung dari data SLIMS 8, dan isikan User password dari Database teman-teman. Misalkan database saya "dbbook".


Untuk username dan password itu nantinya berfungsi untuk masuk login dashboard admin.


Untuk Step-3 langsung saja Clik "Ok, Start The Slims".


Instalasi Selesai. Inilah tampilan awal dari SLIMS 8 AKASIA



Untuk masuk ke halaman adminnya klik Librarian LOGIN, untuk login.


Seperti ini halaman loginnya.


Tinggal isikan username dan passwordnya.
Dan ini tampilan Admin dari SLIMS 8 AKASIA


Disinilah tempat yang mana teman-teman bisa mengedit, menambah, atau menghapus data yang terkait pada SLIMS 8.

G.Hasil dan kesimpulan
Hasilnya saya berhasil menginstal slims dan dengan slims ini kita bisa mempermudah administrasi perpustakaan dan dapat memajukan perpustakaan di daerah maupun di indonesia ini

H.Referensi

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages