JavaScript Chapter 9 - Menampilkan Tanggal dengan JavaScript - Blogger Baper

Tutorial Seo, Info, Tips Trik

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, April 27, 2017

JavaScript Chapter 9 - Menampilkan Tanggal dengan JavaScript


Nurroin's Blog - Selain di PHP, dengan javascript kita juga bisa menampilkan tanggal. Kita dapat menampilkan tanggal dengan berbagai format. Bisa itu menampilkan hari, menit, detik, bulan, tahun dan lainnya. Oke langsung saja kita masuk ke pembahasan tutorial ini.

MENAMPILKAN TANGGAL DENGAN JAVASCRIPT
Ada sebuah fungsi yang khusus disediakan di javasript untuk menampilkan tanggal. Yaitu kita bisa menggunakan fungsi Date(). Dengan menggunakan fungsi Date() ini kita bisa menampilkan tangal. Dan untuk mengatur foramt tanggal yang ditampilkan, teman - teman bisa menyesuaikan degan memberikan/mengisi fomat tanggal nya sesuai dengan keinginan didalam parameter fungsi Date().

Perlu teman - teman perhatikan. Seperti yang sudah kita bahas pada tutorial javascript sebelumnya bahwa javascript memiliki sifat case sensitive, yang artinya penulisan javascript sangat berpengaruh sekali tentang besar kecil hurufnya. Jadi untuk membuat tanggal, sobat harus menuliskan fungsi datenya dengan benar yaitu huruf "D" nya harus huruf kapital.

  • Contoh Salah > date()
  • Contoh Benar > Date()
 Jadi jika teman - teman menuliskan fungsi Date() dengan menggunakan huruf kecil semua, maka hasilnya tidak akan muncul. Jadi harus diawali dengan huruf kapital diawalnya, Sesuai dengan ketentuan penulisan fungsi date.

CONTOH MENAMPILKAN TANGGAL DENGAN JAVASCRIPT
Oke gak perlu lama - lama akan saya berikan contoh penggunaan fungsi Date() pada javascript



index.html

Pada contoh ini, saya memasukkan fungsi date ke dalam variabel tanggal dan kemudian menampilkannya
 var tanggal = new Date();

document.getElementById("hasil").innerHTML = tanggal;
Dan hasilnya

Hasil dari index.html

KESIMPULAN
Kesimpulanya Untuk menampilkan tanggal pada javascript kita harus menggunakan fungsi Date() dan penulisan Date() harus diawali huruf D kapital (Besar) . Ketika sobat memasukkan fungsi Date() diawali dengan huruf kecil maka fungsi tersebut tidak akan ditampilkan alias Error . Tetapi contoh diatas adalah pembuatan tanggal yang sangat sederhana sobat bisa memberikan style css agar tanggal tersebut terlihat lebih cantik.

 
Referensi : Malas Ngoding

TUTORIAL BELAJAR JAVASCRIPT LAINNYA

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages