CSS Chapter 4 - Perbedaan CSS Internal, CSS Eksternal dan CSS Inline - Blogger Baper

Tutorial Seo, Info, Tips Trik

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, March 7, 2017

CSS Chapter 4 - Perbedaan CSS Internal, CSS Eksternal dan CSS Inline



A. Perbedaan CSS Internal, CSS Eksternal dan CSS Inline

    CSS atau Cascading Style Sheet adalah stylesheet yang digunakan untuk men-design/mengatur tampilan website atau tampilan dokumen HTML. Membuat website tidak menggunakan CSS juga tidak apa2-apa tapi akan sulit atau ribet jika teman-teman ingin mengedit/merevisi kembali website teman-teman. Dengan adanya CSS dapat membantu kita untuk mengatur tampilan website/blog kalian. CSS juga memperkenalkan template berupa style untuk dibuat dan mengijinkan penulisan kode yang lebih mudah dari halaman-halaman web yang sudah dibuat. Untuk saat ini CSS sangat banyak digunakan karena berbagai kemudahan dan lengkapnya atribut-atribut yang dimilikinya.

1. Internal CSS

     Internal CSS adalah style yang digabungkan di dalam file HTML, internal CSS diletakan di antara tag <head> dan </head dengan menggunakan tag <style> dan </style>.
     Kelebihan dari internal CSS juga dapat memudahkan mengelola satu buah halaman web tanpa menganggu pengaturan CSS dihalaman lain nya.
Kekurangan dari internal CSS ini membangun web menjadi tidak efisien dikarenakan harus mengatur setiap style berdasarkan halaman walaupun teman-teman masih menggunakan class dan id yang sama atau berbeda.

internal

2. External CSS

     External CSS adalah cara menggunakan CSS dengan membuat file baru berekstensi (.css) dan untuk menggabungkan file HTML kita dengan file (.css) yang baru dibuat itu dengan menggunakan tag <link rel=”” type=”” href=”” />. Dan pada file CSS yang sudah di link dengan file HTML sudah tidak perlu memakai tag <style> dan </style> lagi ya teman-teman.
Kelebihan memakai external CSS juga dapat membuat website lebih efisien karena semua style dibuat didalam 1 file (.css) jadi tidak menambah ukuran file HTML nya karena kode CSS diletakkan pada file yang berbeda, dan dapat menghemat bandwidth.
      Kekurangan dari external CSS jika sudah terlalu banyak style yang dibuat akan membuat saat merender nya akan membutuhkan loading yang sedikit lama.

EKSTERNAL

3. Inline CSS

     Inline CSS adalah pemakaian CSS yang diberikan di tag HTML tertentu dengan menambahkan atribut style di tag HTML yang mau diberikan CSS. teknik ini biasanya digunakan untuk pemformatan khusus pada tag HTML tidak untuk keseluruh elemen dalam dokumen web. Penggunaan inline CSS juga tidak efisien karena membuat file HTML anda seperti penuh dengan atribut-atribut style di setiap tag HTML dan juga membuat ukuran file HTML nya akan bertambah besar.


B. Referensi 
  • http://www.kursuswebsite.org/perbedaan-css-internal-external-dan-inline/
  • https://www.w3schools.com/css/default.asp

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages