Kita Semua Terlahir dengan 300 tulang, Namun ketika dewasa menjadi 206. Kok bisa? Begini Penjelasannya! - Blogger Baper - Blogger Baper

Tutorial Seo, Info, Tips Trik

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, April 11, 2016

Kita Semua Terlahir dengan 300 tulang, Namun ketika dewasa menjadi 206. Kok bisa? Begini Penjelasannya! - Blogger Baper

Setiap bayi normal yang lahir di dunia, akan diberi sekitar 300-an tulang di dalam tubuhnya. Namun saat mereka dewasa, tulang tersebut akan mneyusut menjadi 206 saja.


Bagaimana bisa?

Menurut Bend Bulletin (2/9), saat lahir, bayi memang memiliki sekitar 300 tulang dan elemen tulang rawan. Tulang-tulang tersebut pada akhirnya akan melebur bersama.

Salah satu contohnya adalah lima tulang yang berbeda berada di tengkorak. Lim atulang tersebut melindungi otak dan seiring berjalannya waktu akan menyatu menjadi tengkorak secara utuh.

Mengapa harus terpisah jika akhirnya akan menyatu?

Berdasarkan sumber yang sama, dikatakan bahwa terpisahnya tulang tersebut berfungsi memberi elastisitas dan kelenturan yang diperlukan bayi untuk melewati jalan lahirnya.

Proses perubahan tulang rawan pada pembentukan tulang disebut osifikasi. Dimulai sebelum kelahiran dan akan berhenti ketika sudah berusia sekitar 20 tahunan. Itulah sebabnya mengapa orang sudah tidak bisa lagi tumbuh besar setiap tahun.

Osifikasi terjadi ketika pembuluh kapiler membawa darah ke sel-sel pembentuk tulang yang disebut asteoblas. Kemudian mulai memproduksi tulang kompak, meliputi tulang rawan dan akhirnya menggantinya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages